2014-11-14

Sejarah Berdirinya Kota Bekasi - Kota Patriot

Sejarah Berdrinya Kota Bekasi menjadi salah satu artikel yang harus dibaca. Ya kota yang di bully habis-habisan di media sosial ini sebenarnya dahulunya merupakan sebuah pusat  kerajaan besar yang bernama Tarumanegara yang menguasai wilayah Sunda Kelapa, Depok, Cibinong, Bogor sampai ke wilayah Sungai Cimanuk di Indramayu.

Kota ini juga mencatatkan sejarah panjang hingga akhirnya dijuluki kota patriot. Kota Bekasi pun menjadi inspirasi dari puisi Chairil Anwar yang berjudul Kerawang-Bekasi yang menggambarkan betapa patriotnya kota ini. Jadi kalau mau bully, kita lihat dulu sejarah kota kita.

Kota Bekasi dahulunya bernama Chandrabhaga, Chandra memiliki makna bulan, sedangkan Bhaga bermakna “Bagian”. Kajian secara etimologis menyatakan bahwa makna kata dari Chandrabhaga ini adalah bagian dari bulan.

Nama Chandrabhaga kemudian diubah menjadi Bhagasasi, namun karena pengucapannya yang sulit, akhirnya sering disebut Bhagasi.Ketika Belanda menjajah Indonesia dan Bekasi dikuasai mereka, namanya pun kemudia diganti dengan nama Bacassie. Namun nama Bacassie lebih familiar dengan sebutan Bekasi.

Kota ini masuk dalam catatan sejarah Republik Indonesia. Disinilah berkumpul para pejuang hingga titik darah penghabisan. Tak salah, kota ini kemudian mendapat julukan Kota Patriot.

Setelah masa kemerdekaan, berdasarkan UU Nomor 14 Tahun 1950 terbentuklah Kabupaten Bekasi, dengan wilayah terdiri dari 4 kewedanaan, 13 kecamatan (termasuk Kecamatan Cibarusah) dan 95 desa. Angka-angka tersebut secara simbolis diungkapkan dalam lambang Kabupaten Bekasi dengan motto "Swatantra Wibawa Mukti".

Akhirnya pada 20 April 1982, Menteri Dalam Negeri meresmikan kota administrasi Bekasi. Saat itu walikota yang pertama menjabat bernama H. Soedjono (1982 – 1988). Lalu pada tahun 1988 digntikan oleh Drs. Andi Sukardi hingga tahun 1991 (1988 – 1991) kemudian diganti oleh Bapak Drs. H. Khailani AR hingga tahun (1991 – 1997) .

Meski bully-an terhadap Kota ini kian santer, namun pada kenyataannya kota ini berkembang menjadi Kota Administratif yang terus bergerak dengan cepat. Ini terlihat dari pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi sehingga berpengaruh terhadap roda perekonomian yang juga semakin meningkat. Kota ini lalu berkembang menjadi Kota Madya berdasarkan Undang-undang Nomor 9 Tahun 1996.

Ingin tahu sejarah kota lain di Indonesia? Silakan kunjungi website kami di www.tintasejarah.com. Dapatkan informasi tentang sejarah masa lampau baik sejarah kota, sejarah tempat, sejarah perang, dan berbagai kisah lampau yang menarik lainnya. Pastinya semua yang kami sajikan akan menarik anda pada pengalaman masa lalu yang belum anda ketahui selama ini.

Copyright © 2013 Aminas Blog: Sejarah Berdirinya Kota Bekasi - Kota Patriot | www.bookie7.co